amalan ilmu hikmah tingkat tinggi
amalan ilmu hikmah tingkat tinggi

5 Manfaat Melakukan Amalan Ilmu Hikmah Tingkat Tinggi

552 View

Mendalami agama islam memang tidak ada nada habisnya, banyak sekali yang bisa dikaji dan didalami selain diajarkan menunaikan kewajiban kepada Allah SWT. Rasulullah SAW juga mengajarkan untuk melakukan sunah dan amalan yang akan melengkapi kehidupan manusia. Berikut ini manfaat melakukan amalan ilmu hikmah tingkat tinggi yang bisa dilakukan umat islam:

1. Menambah Keimanan Terhadap Allah

Rasulullah Saw selalu mengajarkan pengikutnya untuk mengaku keberadaan Allah SWT. Melakukan amalan tingkat tinggi akan membuat seseorang memperdalam keimanan terhadap Allah yang maha esa. Esa sendiri artinya satu, yang bermakna tidak ada Tuhan selain Allah SWT. Seseorang yang menyadari hal tersebut, tentu akan memikirkan dua kali sebelum melakukan segala sesuatu.

2. Memupuk Kebiasaan Menyembah Allah dalam Berbagai Kondisi

Menerapkan amalan ilmu hikmah tingkat tinggi memerlukan proses yang memakan waktu yang cukup panjang. Seseorang yang menginginkan melaksanakan ilmu hikmah tingkat tinggi membutuhkan kebiasaan dalam melakukanya. Amalan dilakukan bukan hanya sekali dua kali, tetapi dilakukan berulang-ulang kali. Kebiasaan menjadi kunci utama dalam melakukan amalan ini, meskipun hanya dilakukan sekali dalam sehari asalkan rutin akan mudah dilakukan.

Melakukan amalan tingkat tinggi bila sudah terbiasa akan mudah saja, akan tetapi bagi yang belum terbiasa bisa memulainya dengan melakukan amalan yang sederhana. Amalan-amalan yang demikian akan memupuk kebiasaan menyebut nama Allah, bukan hanya ketika sadar bahkan ketika dalam keadaan tidak sadar pun bisa dilakukan. Dengan begitu, tidak mungkin melewatkan waktu beribadah kepada Allah SWT.

3. Bertujuan Mendapatkan Ilmu Batin

Manfaat melakukan amalan ilmu hikmah tingkat tinggi lainya adalah untuk mendapatkan ilmu batin. Rasulullah SAW mengajarkan untuk pandai dalam membaca kondisi dan situasi, dengan melakukan amalan-amalan lainya seseorang bisa mendalami ilmu batin. Menguasai ilmu batin bukan hanya diperuntukan untuk kekebalan atau hal-hal yang menyimpang dari ajaran Allah semata. Untuk menambahan wawasan mengenai hati.

Ilmu batin yang didapatkan akan sangat bermanfaat bagi manusia khususnya dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Sebenarnya ilmu seperti ini merupakan ilmu mengenai perasaan, dimana disana mempelajari bagaimana cara menahan nafsu, dan mengontrol diri. Manfaat yang didapatkan juga beragam, yang tentunya sangat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain yang ada disekeliling.

4. Menjauhkan Diri dari Setan

Salah satu manfaat besar yang bisa didapatkan ketika mendalami amalan-amalan yang beragam jenis adalah dapat menjauhkan diri dari setan. Setan yang tidak bisa dilihat secara langsung melalui mata telanjang hanya bisa dicegah dengan memperkuat keimanan dalam jiwa masing-masing. Melalui amalan yang dilakukan secara rutin, godaan setan yang berdatangan bergantian akan mudah ditangkap.

5. Menjadi Hamba yang Beruntung

Keuntungan lainya yang bisa didapatkan ketika sudah bisa melakukan berbagai amalan, baik yang ringan maupun yang berat adalah menjadi hamba yang beruntung. Beruntung disini adalah bisa mendapatkan rezeki yang lancar. Manusia modern pastinya menginginkan mendapatkan rezeki yang melimpah, makanya banyak yang melaksanakan berbagai amalan guna memperoleh rezeki.

Selain rizky, inti terpenting dari melakukan awalan adalah untuk mendapatkan ampunan Allah. Hamba yang paling beruntung di dunia ini adalah hamba yang memperoleh kesempatan mendapatkan ampunan Allah di akhirat. Mendapatkan kesempatan berharga tersebut tidak serta merta begitu saja, ada banyak usaha yang diperlukan. Tak ayal bila Allah menggantinya dengan berbagai hal yang tidak terkira.

Menuntut ilmu di dunia yang serba sementara ini memanglah diwajibkan, berbeda halnya dengan melakukan berbagai amalan. Lebih baik sebelum melakukan berbagai amalan ilmu hikmah tingkat tinggi, sempurnakan dulu kewajiban terhadap Allah Swt. Dengan begitu, akan menjadi bermanfaat dunia akhirat.

BACA JUGA: Simak Ulasan Hukum Mempelajari Ilmu Kebatinan Menurut Islam