Bulan Rajab Tanggal 1 Sampai 10
Bulan Rajab Tanggal 1 Sampai 10

Amalan Bulan Rajab Tanggal 1 Sampai 10, Mari Tuai Ladang Pahala!

88 View

Bulan Rajab Tanggal 1 Sampai 10

Kalender bulan Islam atau hijriyah memang memiliki perbedaan dengan kalender masehi karena didasarkan pada waktu bulan mengelilingi bumi. Salah satu bulan yang istimewa dan cocok menjadi ladang pahala adalah bulan Rajab. Terdapat beberapa amalan bulan Rajab tanggal 1 sampai 10 yang sangat menjanjikan untuk menjadi simpanan ketika di akhirat kelak.

Secara berturut-turut bulan sebelum Ramadhan adalah Rajab dan Sya’ban yang tentu memiliki keistimewaannya masing-masing. Beberapa ahli agama menyebut bahwa bulan Rajab disimbolkan dengan waktunya untuk menanam dan Ramadhan untuk memanen. Nah, untuk itu apa saja amalan bulan Rajab mulai tanggal 1 sampai 10 yang dijanjikan oleh Allah dengan pahala besar?

1. Sholat Khusus Malam Pertama Pada Bulan Rajab

Sholat yang dilakukan ketika memasuki Rajab, pada malam pertama dianjurkan untuk melakukan sholat khusus. Setelah sholat maghrib, dilaksanakan shalat khusus yang terdiri dari 20 rakaat atau 10 kali salam. Balasan yang dijanjikan oleh Allah adalah diberikan perlindungan dan penjagaan kepada diri, keluarga, dan harta serta dimudahkan dalam hisab dan melewati shirat.

2. Sholat Pada Malam Jumat Minggu Pertama

Puasa pada hari kamis pertama bulan Rajab merupakan sebuah amalan luar biasa bahkan malam ini memiliki nama lain. Disebut juga dengan nama malam raghaib oleh malaikat, setelah sholat akan lebih baik untuk melantunkan sholawat sebanyak 70 kali. Allahumma shalli alaa Muhammadin nabiyyil umiyyi alaihi wa salim sebagai lantunan sholawat kepada nabi Muhammad.

3. Membaca Doa Untuk Menyambut Bulan Rajab

Sebelum memasuki bulan Rajab, pembaca perlu mengetahui bahwa terdapat doa yang khusus ditujukkan untuk bulan ini. Doa tersebut berlafalkan dengan rabbighfirli warhamni watub ‘alayya yang dilakukan sebanyak 70 kali di pagi dan malam hari. Serupa dengan tujuan sebelumnya, doa ini juga bentuk permintaan taubat kepada Allah dari hamba yang menyadari perbuatannya.

4. Melantunkan Pujian Ketika Bulan Rajab

Amalan bulan Rajab tanggal 1 sampai 10 selanjutnya adalah melakukan puji-pujian pada waktu-waktu tertentu yang diyakini dapat membuat dosa diampuni. Pujian tersebut terdiri dari  bertasbih dan beristighfar sambil mengingat dosa yang dilakukan. Pada amalan ini yang sangat mudah dilakukan dan pasti mendapat pahala merupakan peluang besar.

Pertama untuk doa ketika menyambut bulan Rajab merupakan bentuk harapan agar mendapat keberkahan dan dipertemukan dengan Ramadhan. Membaca sayyidul istighfar 3 kali pada pagi dan sore, istighfar 7 kali setelah ashar, serta bertasbih sebanyak setiap hari 100 kali. Hal ini dilakukan untuk memohon ampun kepada Allah dan meminta taubat terhadap perilaku terdahulu.

5. Puasa Menyambut Datangnya Bulan Rajab

Berhubungan dengan poin selanjutnya, puasa menyambut bulan Rajab yang dilakukan pada tanggal 1 Rajab. Beberapa ahli agama menyebutkan bahwa lebih merekomendasikan untuk melakukan puasa pada awal Rajab. Bentuk sambutan bulan Rajab yang disimbolkan dengan puasa merupakan bentuk cerminan kesenangan yang ditunjukkan oleh umat Islam sambil menjalankan perintah Allah.

6. Melaksanakan Puasa pada Tanggal 1 Sampai dengan 10

Puasa ketika bulan Rajab hadir mengartikan bahwa puasa  tidak hanya dapat dilakukan ketika Ramadhan. Setidaknya umat Islam perlu melaksanakan puasa pada Bulan Rajab sebanyak satu hari sekurang-kurangnya, namun baik jika lebih. Akan tetapi, tidak ada waktu khusus puasa namun waktu yang paling baik dan bagus adalah di sekitar tanggal 1 sampai 10 Rajab.

Berdasarkan amalan bulan Rajab tanggal 1 sampai 10 yang telah disampaikan, selanjutnya pembaca dapat melakukan hal tersebut. Sebagai informasi karena pergantian hari pada kalender hijriyah berbeda, oleh karena itu pergantian hari adalah ketika matahari terbenam. Bagi pembaca yang ingin menjalankan sesuai rekomendasi jangan lupa untuk membuat pengingat dan catatan, ya!

 

Baca: Apa Saja Amalan Bulan Rajab Sesuai Sunnah yang Bisa Dilakukan? Yuk, Simak!