Amalan Bulan Rajab Sesuai Sunnah
Amalan Bulan Rajab Sesuai Sunnah

Apa Saja Amalan Bulan Rajab Sesuai Sunnah yang Bisa Dilakukan? Yuk, Simak!

85 View

Amalan Bulan Rajab Sesuai Sunnah

Bulan Rajab disebut sebagai bulan yang utama dalam Islam. Masyarakat menyambut suka cita bulan yang penuh keistimewaan ini. Salah satu peristiwa yang tercatat dalam sejarah Islam di bulan Rajab yaitu Isra’ Mi’raj. Tidak heran, banyak masyarakat yang mengamalkan amalan bulan Rajab sesuai sunnah. Bahkan Rasulullah juga memanjatkan doa di bulan Rajab dengan cara memohon keberkahan diberikan umur panjang di bulan istimewa ini. Amalan yang paling populer di bulan Rajab yaitu berpuasa. Berikut amalan lain di bulan rajab yang bisa dijalankan sesuai sunnah:

1. Berpuasa

Kebanyakan umat muslim  merayakan dan menyambut bulan Rajab dengan cara berpuasa. Berpuasa di bulan Rajab ini memiliki banyak keistimewaan dan keutamaan. Diantaranya, apabila berpuasa Rajab 7 hari, maka pintu neraka jahannam akan ditutup. Menurut hadits riwayat Thabrani juga dijelaskan bahwa doa yang dipanjatkan oleh orang yang berpuasa Rajab selama 10 hari akan dikabulkan.

Jadi, berpuasa dan perbanyaklah berdoa di bulan penuh pahala ini. Umumnya, puasa Rajab ini dilangsungkan pada awal, tengah, dan akhir bulan Rajab. Mayoritas ulama menghukumi puasa Rajab dengan sunnah yang apabila jika dijalankan mendapatkan pahala, jika ditinggalkan tidak mendapatkan dosa.

 

Amalan Bulan Rajab Tanggal 1 Sampai 10, Mari Tuai Ladang Pahala!

2. Memperbanyak Sholawat Nabi

Bulan Rajab yang penuh keistimewaan ini memperbanyak shalawat nabi bisa menjadi salah satu amalan baik yang bisa dilakukan. Bahkan, Allah dan Malaikat juga ikut bersholawat atas Nabi. Membaca sholawat nabi bisa dilakukan kapanpun, disela waktu luang, hingga mengucap shalawat di dalam hati. Sholawat nabi merupakan bentuk kecintaan pada Nabi yang bisa dilakukan oleh umatnya.

3. Sholat Malam

Amalan bulan Rajab sesuai sunnah yang bisa dicontoh dari sahabat Ali bin Abi Thalib adalah menjalankan sholat malam. Sahabat yang juga menantu Nabi ini fokus beribadah empat malam dalam setahun salah satunya malam pertama bulan Rajab. Hal ini dijelaskan dalam kitab Al-Ghun-yah oleh Syeikh Abdul Qadir- Al Jailani.

Nilai ibadah di bulan Rajab lebih istimewa dan utama dibandingkan dengan bulan lain. Sholat malam juga bermanfaat melebur dosa, kesehatan rohani terjaga, dan doanya dikabulkan oleh Allah.  Menunaikan sholat malam di waktu biasa saja mendapatkan ganjaran yang besar, apalagi di bulan Rajab.

4. Memperbanyak Istighfar

Bulan Rajab adalah bulan pengampunan kepada Allah. Sehingga, umat Islam disunnahkan memperbanyak membaca istighfar di bulan istimewa ini. Istighfar bukan hanya untuk memohon ampun pada Allah saja, namun segala urusan dan kesusahan bisa dipermudah dengan memperbanyak istighfar. Tidak hanya beristighfar, umat Islam juga dapat memperbanyak amalan lain seperti membaca dzikir, hingga doa. Amalan-amalan baik tersebut dapat dilakukan rutin pagi hingga sore yang berfungsi dapat mendekatkan diri pada Allah dan meningkatkan ketakwaan.

5. Bersedekah

Amalan bulan Rajab sesuai sunnah yang tak boleh dilewatkan umat Islam adalah memperbanyak sedekah. Salah satu pilihan waktu yang diutamakan untuk bersedekah adalah bulan Rajab. Hal ini diperkuat dengan sabda Nabi Muhammad yang menjelaskan bahwa siapa saja yang bersedekah di bulan Rajab akan dijauhkan dari api neraka.

Umat Islam juga bisa memperbanyak membaca sayyidul istighfar atas dosa yang dilakukan di masa-masa lalu dan akan datang. Bersedekah dapat meningkatkan ketakwaan dan hidup lebih bersyukur dengan apa yang dimiliki, Allah juga akan melancarkan rezeki dan memanjangkan umur bagi orang-orang yang suka bersedekah.

6. Bacalah Doa

Doa masuk bulan Rajab juga sangat dianjurkan dibaca agar umat Islam dipertemukan dengan bulan suci Ramadhan. Amalan ini pun dijalankan juga oleh Nabi Muhammad SAW. Disebutkan dalam sebuah hadits yang mengatakan bahwa Rajab merupakan bulan Allah yaitu amal ibadah dan amalan di bulan ini akan dilipat gandakan serta bulan yang penuh maqbul akan doa-doa.

Itulah 5 amalan bulan Rajab sesuai sunnah yang dapat dilakukan umat Islam. Jangan lewatkan kesempatan untuk memperbanyak amalan dan ibadah di bulan yang penuh keutamaan ini.

 

Baca Juga: Tata Cara Sholat Sunah Gerhana Bulan yang Harus Diketahui