Contoh Amalan Agar Rezeki Lancar,
Contoh Amalan Agar Rezeki Lancar,

5 Contoh Amalan Agar Rezeki Lancar, Yuk Segera Praktiikan Sekarang!

88 View

Amalan Agar Rezeki Lancar

Memiliki banyak rezeki merupakan syarat dalam Islam karena Allah subhanahu wa ta’ala mengharuskan umatnya kaya. Serta, tentu saja kekayaan yang didapatkan karena Allah tersebut wajib umat muslim gunakan untuk jihad fisabilillah atau berjuang dijalan Allah. Lantas bagaimana mendapatkan rezeki yang banyak dan melimpah tersebut? Berikut ini amalan agar rezeki lancar yang bisa langsung dipraktikkan:

1. Bersyukur Terhadap Nikmat Allah

Cara pertama yang dapat dilakukan agar mendapatkan rezeki yang lancar adalah banyak banyak bersyukur terhadap karunia serta nikmat Allah. Manusia terkadang lupa terhadap nikmat yang telah didapatkan dari Allah. Bagaimana Allah akan menambah nikmat yang lain apabila orang tersebut tidak bersyukur terhadap rezeki yang diberikan?

Allah akan mencukupkan nikmat dalam bentuk rezeki pada seseorang. Apabila orang tersebut telah bersyukur, namun belum mendapatkan rezeki yang diinginkan maka harus mempercepat ibadahnya. Apabila orang tersebut kufur, maka Allah tak segan-segan mencabut rezeki yang sudah diberikan. Gambar kecilnya adalah ketika orang kaya tidak mau shalat, kemudian Allah mencabut rezekinya.

2. Sedekah

Cara selanjutnya untuk memperoleh kesuksesan dalam menggapai rezeki yang lancar adalah dengan memperbanyak sedekah. Meskipun seseorang dalam kondisi kekurangan material, namun rutin melakukan sedekah. Maka sebagai hadiah terhadap keikhlasannya, Allah juga akan mengganti dengan rezeki yang lebih melimpah. Allah tidak akan berlaku pelit terhadap umatnya yang rutin bersedekah. Makanya jangan ragu-ragu ketika berdiri untuk kebaikan.

3. Memperbanyak Shalawat

Sholawat ditunjukkan kepada Nabi Agung Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Yang sejatinya merupakan junjungan umat muslim sepanjang zaman. Seseorang yang memperbanyak shalawat-Nya maka doanya akan diijabah oleh Allah SWT. Serta, bagi Allah memberikan rezeki yang melimpah, kepada orang yang ikhlas  beribadah terhadapnya merupakan suatu hal yang gampang.

Maka, yang perlu dilakukan ketika hendak mendapatkan rezeki yang melimpah adalah dengan memperbanyak shalawat. Tentu saja yang ditujukan kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Tentunya dengan harapan Allah akan mencapai doa-doanya. Bukan hanya dengan memperbanyak bacaan shalawat saja, akan tetapi juga dengan beristighfar terhadap kesalahan yang dilakukan. Itu sebagai upaya agar doa yang dilakukan dapat dikabulkan oleh Allah.

4. Memperkhusuk Doa Dan Shalat

Amalan agar rezeki lancar lainnya adalah dengan khusus berdoa ketika sholat. Bagaimana mungkin Allah tidak akan mengabulkan doa umatnya yang rajin shalat. Tentu saja pasti dikabulkan. Namun sebagai manusia, tidak akan mengerti kapan doa itu akan dijaba oleh-Nya. Sebagai makhluk-Nya, pasrah akan skenario yang sudah diberikan merupakan cara terbaik bersyukur akan nikmat yang sudah diberikan.

5. Berikhtiar Lebih Keras

Bila sudah melakukan langkah-langkah tadi, selanjutnya yang harus dilakukan ketika mau mendapatkan rezeki yang berlimpah adalah dengan memperbanyak ikhtiar. Seseorang yang tidak pernah putus asa dalam baktiar maka Allah juga akan memberikan jalan terbaik dari masalah yang tengah dihadapi. Marah akan takdir Allah juga bukan menjadi solusi ketika dihadapkan dengan masalah.

Kesalahan apabila seseorang yang tengah menghadapi masalah malah berpaling dari jalan Allah. Bahkan menghindar dari panggilan Allah, yakni salat. Seharusnya bila mendapati masalah, entah masalah besar ataupun kecil. Maka seseorang  harus mendekatkan diri kepada Allah. Beristighfar dan bertaubat merupakan cara bagaimana Allah akan menerima ibadahnya nanti. Setelah berikhtiar, manusia juga harus selalu bertawakal.

Mendapatkan rezeki yang melimpah menjadi hak bagi setiap makhluk hidup di muka bumi ini. Bukan hanya sudah diatur dalam Islam saja, tetapi juga sudah diatur dalam undang-undang. Bagian yang terpenting jangan ragu-ragu untuk meminta dan jangan pernah ragu untuk memberi. Demikian amalan agar rezeki lancar yang biasa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 5 Amalan Penghapus Dosa Zina yang Paling Mudah Dilakukan